KOPERASI TANKERS

Koperasi Tankers Perkapalan Berdiri pada tanggal 17 Maret 1983 berdasarkan Surat Perintah Direktur Perkapalan & Telekomunikasi Drs. Indra Kartasasmita.

SP No. Prin-679/G0000/83 tanggal 30 Juni yang beralamatkan di Jl. Yos Sudarso 32-34 Tanjung Priok – Jakarta Utara, Pemberlakuan ini berlaku surut dan mulai ditetapkan dan disahkan di Jakarta pada hari Kamis tanggal 17 Maret 1983.Pengesahan dan pengukuhan Anggaran Rumah Tangga ini disahkan oleh para pendiri :

Drs. Indra Kartasasminta, Msc
Ir. HMS. HutasuhutIr.
H. Tatang Sumarna
Ir. Kun. KundradtR. W. Soemantrie

Pada tanggal 12 Juli 1984 didaftarkan dalam daftar umum kantor Wilayah Koperasi di daerah khusus Ibukota Jakarta.
Pada hari Senin tanggal 19 September 2005 dilakukan perubahan pada Anggaran Dasar Koperasi Tankers dihadapan Notaris Hajjah Ofiyati Sobriyah SH, berdasarkan Pernyataan Keputusan Rapat Luar Biasa Koperasi Karyawan Pertamina Direktorat Perkapalan & Telekomunikasi (TANKER’S)

Pasar Koperasi Tanker yang menghasilkan keuntungan terbesar adalah perbaikan Kapal Milik Pertamina dan Penyediaan Outsourcing. Sementara peluang pasar yang potensial untuk dapat dimasuki kedepannya adalah Kapal-kapal Charter dan Kapal milik pemerintah (kapal feri/ Pelni maupun Kapal-kapal Cargo serta Memasuki bisnis pembangunan kapal baru dengan bekerja sama dengan pihak galangan kapal.

Koperasi Tanker optimis pasar external tersebut dapat dijajagi mengingat saat ini sudah banyak Supplier dan tenaga ahli yang bersedia menjalin kerja sama dengan Koperasi Tanker. Koperasi Tankers telah mensupport berbagai macam kebutuhan dan pekerjaan untuk kapal-kapal armada milik baik melalui tender/ lelang terbuka ataupun pengadaan langsung, menyediakan tenaga outsourcing, dan mensupport berbagai kebutuhan perkantoran di Perkapalan.Ekspansi/ pengembangan pasar diluar Pertamina PerkapalanUntuk lebih meningkatkan tingkat profitabilitas demi kemajuan bersama dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya, dicanangkan di tahun mendatang.

Koperasi tankers akan lebih agresif menangkap peluang pasar pengadaan barang atau jasa pada kapal-kapal charter maupun kapal-kapal fery dan kapal-kapal kargo lainnya.Saat ini Koperasi telah merintis kerjasama dengan galangan kapal PT. Daya Radar Utama yang tengah membangun 2 kapal small di Lampung dengan menjadi sub yang membantu menyediakan panel dan komponen kapal lainnya.

Bekerja sama dengan mitra untuk menangkap pasar di luar Pertamina

Channeling Rp. 20 Milyar dari Bank MandiriSebagai Partner setia, Bank Syariah Mandiri memberikan kemudahan dan kecepatan dalam pencairan pinjaman kepada anggota koperasi Tankers, khusus bagi karyawan laut Perkapalan yang waktu di darat sangat terbatas dan pekerjaannya bersifat spesifik, maka untuk pinjaman dana keperluan anggota terus bertambah setiap tahunnya karena kemudahan dan kecepatan pelayanan BSM tersebut .  Dana pinjaman yang sudah lunas adalah sebesar Rp.18.663.722.336,- , dan saldo terhutang Rp. 6.336.277.664,-Dan untuk tahun 2011 koperasi Tankers merencanakan untuk menambah pinjaman Rp. 10 milyar dengan 2 (dua) tahap, tahap I Rp. 5 milyar sudah diajukan ke BSM belum terealisasir, tahap II, dan direncanakan bulan Juni 2011.

Melihat pembiayaan proyek-proyek atau pekerjaan yang terus berkembang. Bank Mandiri telah menaikkan plafonnya dari 10 milyar menjadi Rp. 20 milyar  atas dasar kepercayaan pada kinerja koperasi tanker.

Dana Tabungan anggota koperasi akan diberikan bunga sebesar 0.9 – 1 % setiap bulannya yang bukan bersifat sebagai saham (bukti kepemilikan modal atas perusahaan) melainkan lebih bersifat sebagai bukti penyertaan atau surat hutang dari nasabah ke koperasi untuk membiayai setiap aktifitas usaha koperasi.

VISI

Mensejahterakan Anggota & Bersama Meraih Bahagia

Mensupport Pertamina Shipping

MISI

Koperasi Tankers Solusi Terbaik Untuk Anggota

Bekerja Secara Profesional Untuk Memenuhi Kebutuhan dan Mutu

Meningkatnya Layanan & Mendatangkan Hasil Usaha

Menebar Keikhlasan & Menuai Kepercayaan

Berkarya Mewujudkan Cita-cita Menuju Kesuksesan

Berjiwa Lokal & Berkelas Internasional

Menangkap Peluang & Mewujudkan Harapan

Mewujudkan Mimpi Menjadi Kenyataan

Mendidik Kemandirian & Menggapai Masa Depan